Porter Merbabu, Taman Nasional Rift Valley


TAMAN NASIONAL THING VELLIR (Pingvellir) DI ISLANDIA

BUKTI NYATA PERGERAKAN BENUA


Taman Nasional Thing Vellir atau dalam bahasa Islandia Ping Vellir merupakan sebuah kawasan Geopark di Negara Islandia yang menampilkan bentanglahan menakjubkan hasil pergerakan lempeng secara Divergen. Terdapat dinding-dinding batu terjal (gawir) dan rekahan (jurus/kekar) yang memanjang membelah negara Islandia menjadi dua. Satu sisi bergerak menuju ke Amerika Utara satu sisi menuju Eurasia (Eropa dan Asia). Selain Dinding batu terjal (gawir) kita juga dapat menemukan titik tempat keluarnya magma (lava) di beberapa tempat, uniknya magma di sini tidak keluar dari Gunung Api akan tetapi dari rekahan divergensi yang kemudian mendingin secara cepat lalu membentuk batuan beku muda permukaan (batuan beku ekstrusif).

Ping Vellir sendiri terhubung secara langsung dengan Mid Oceanic Ridge (punggungan tengah samudera) dan Mid Oceanic Rift (Rekahan Tengah Samudera) Atlantik merupakan rekahan Divergensi yang memisahkan Amerika Utara dengan Eropa dan Amerika Selatan dengan Afrika yang memanjang dari Utara ke Selatan. Mid Oceanic Ridge yang berada di bawah Samudera Atlantik naik ke permukaan daratan di negara Islandia, inilah yang membentuk Landscape Ping Vellir atau Thing Vellir.

Pergerakan Divergensi di bawah Samudera Atlantik yang kemudian naik ke daratan Islandia ini kemudian menciptakan Punggungan (Pegunungan) Tengah Samudera dengan panjang kurang lebih. 10.000 Mil atau 16.000 Km, sekaligus menciptakan Basin (cekungan) dengan pergerakan 1-10 cm/tahun.  Sebagian besar cekungan ini sudah diisi oleh magma yang naik membentuk batuan muda lantai Samudera Atlantik dan berada di bawah lautan, sebagian kecil muncul di permukaan daratan inilah yang membentuk Lembah Retakan (Rift Valley) Taman Nasional Thing Vellir, Islandia.

 

Sumber

#geology #divergensi #konvergensi #midoceanicridge #atlantic #atlantik #ocean #islandia #iceland #europe #asia #northamerica #sudamericana #africa #afrika #eropa #mountain #panorama #landscape

 


 











 

Posting Komentar

0 Komentar

Editors Pick

4/recent/post-list

Follow Us On Instagram

Costumer Service

Hubungi kami di nomor +6285 643 455 685 atau +6281 393 996 754 ( chat only )

Chatt Admin